Classy Outside, Weird Inside

Progressive Web Apps



Sedikit apa yang gw pelajari dari Sekolah Koding tentang PWA bakal gw share disini. Sebelumnya mungkin yang namanya PWA atau juga Progressive Web Apps sudah tidak asing lagi bagi telinga para programmer. Karena sudah tidak asing lagi gw ga bakal jelasin secara rinci sih PWA itu apa cuman secara sekilasnya dengan PWA, gag perlu lagi masuk ke browser di hp, tanpa download melalui PLaystore, bisa langsung akses web aplikasi yang kita mau. Tentu jika Website tersebut sudah menggunakan sistem PWA.

Banyak yang salah kaprah kalau buat bisa memiliki PWA harus Single Page Application, harus pakai framework modern seperti React, Angular, dll sampai banyak developer yang merasa tidak bisa menerapkan PWA karena mereka masih menggunakan PHP atau Ruby misalkan. Padahal intisari dari PWA sendiri ada di kata awal yaitu progressive di mana maksud sebenarnya adalah peningkatan pengalaman user secara progresif atau bertahap.

Syarat utama website kita dapat menerapkan PWA ialah website kita sudah berada di https, karena tentu ini yang akan menjadi pondasi dasar dari PWA itu sendiri. Dan hampir semua fungsi hanya dapat berjalan di https. Tentu dengan kita menggunakan https pada website kita, keamanan website kita pun akan benar-benar terjaga.

Selain menyiapkan Website kita menggunakan PWA, kita juga harus benar-benar maintance pada kecepatan dari website kita sendiri. Karena memang tujuan PWA itu agar memudahkan user tanpa harus membuka browser, nah disinilah pentingnya kecepatan respon dari website kita.
Sebagai catatan, menurut penelitian pun jika website kita tidak terbuka sampai 3 detik saja, 54% user biasanya sudah langsung pergi. So, buat apa membuat sesuatu sedemikian baik tapi ga ada yang mau pakai karena terlalu lambat.

Sekilas mengenai PWA mungkin itu saja, jika memang sistem ini menarik buat lo, coba search aja Progressive Web Apps di Google dan sudah ada banyak juga pembahasannya walaupun dengan berbahasa Inggris.


  • Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

    削除
    Progressive Web Apps
      Komentar(0)